Forum Harmoni Cinta Anak Negeri,akan menyatu dalam gelaran KCF#4

Forum Harmoni Cinta Anak Negeri

164488_10200529077369647_1396362709_n

Adalah sebuah forum nonprofit yang melakukan pembinaan anak melalui seni dan mendekatkan seni serta permainan kepada anak-anak. Mengapa seni? Mengapa permainan? Karena melalui seni kita bisa menyalurkan hobi, perasaan, kreativitas, pemikiran, dan mengasah kesadaran berapresiasi kepada hal-hal yang estetis. Melalui permainan, anak bisa lebih banyak berinteraksi dengan teman-temannya, melatih kerjasama dan kreativitas dalam berkomunitas. Melihat kecenderungan bermain pada gadget dan dunia digital yang sangat mengasikkan, membuat anak berkutat pada ranah keasikkan individual. Maka perlu didekatkan cara bermain, berkesenian dan berapresiasi dengan teman-teman sebayanya (berkomunitas) yang tidak kalah mengasikkan, sehingga akan tercipta interaksi sosial yang kuat antaranak dalam berkomunitas.

Forum ini berawal dari keresahan kami untuk ingin berbagi kepada anak-anak. Mengapa anak-anak? Karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa, dan masa anak-anak adalah masa yang unik, penuh imajinasi, fantasi, serta kreativitas yang tanpa batas. Keunikan pada anak-anak ini perlu dikembangkan lebih lanjut sebagai penyeimbang antara otak kanan dan kiri. Dengan kreativitas, anak akan mampu berpikir mandiri, seperti apa yang mereka ingini.

 

Visi:
Mendekatkan seni dan permainan sebagai sarana belajar dan pembelajaran kepada anak, baik secara individu maupun komunal.
Misi:

– Menyelenggarakan proses kegiatan belajar dan pembelajaran seni kepada anak.

– Menyelenggarakan proses kegiatan belajar dan pembelajaran anak melalui apresiasi seni.

– Forum belajar bagi anak dengan paguyuban teman-teman sebaya yang tidak kaku (lentur) dan terarah melalui seni dan permainan.

– Menyelenggarakan kegiatan kreatif bagi anak dalam berkomunitas.

 

Komponen HiCAN!:

– Aktivis : Membantu menjalankan aktivitas HiCAN! (baik proses pembelajaran maupun mobilitas dlm proses aktivitas HiCAN!)

– Kontributor : Sebagai pelaksana pembelajaran/pemateri dlm proses pembelajaran dgn jangka waktu yang telah disepakati bersama (kontributor bisa memilih jangka waktu yang dianggap cukup dalam penyampaian materinya bisa 1x, 2x, 3x pertemuan dst)

– Suporter : Membantu dan mensupport aktivitas HiCAN! baik material dan atau  material

– Peserta HiCAN!: berusia 6 – 12 tahun

– Peserta disebut sebagai anak HiCAN!

– Seluruh komponen HiCAN! (aktivis, kontributor, suporter, dan kepala HiCAN!) disebut keluarga HiCAN!

– Seluruh pihak yang pernah terlibat dalam proses aktivitas HiCAN! disebut sobat HiCAN!

Sistem Aktivitas HiCAN! :

– Capaian tujuan pembelajaran terhitung 2 bulan (4x pertemuan). Dengan catatan, program ini sesuai isi materi yang akan diajarkan.

– Pada pertemuan pertama bentuk kegiatanny menekankan pd interaksi utk membangun chemistri antar anak (bisa melalui kegiatan outbond, permainan tradisional maupun kegiatan lainnya).

– Pada pertemuan kedua n ketiga bentuk kegiatan yg dtekankan adalah pada pembinaan sesuai minat dan hobi (anak HiCAN! akan dibina sesuai pilihannya dalam kelas musik, seni rupa, dan sastra).

– Pada pertemuan ke empat, kegiatan yg dtekankan adalah apresiasi proses pembelajaran yang telah dijalani (menampilkan proses pembelajarannya dalam satu forum apresiasi bersama).

Pin It